Skip to main content

Rekomendasi Mpek Mpek Palembang dan Cara Membuatnya

Mpek-mpek Palembang adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan giling, tepung sagu, dan bahan-bahan lain seperti bawang putih, garam, dan merica. Berikut adalah resep untuk membuat mpek-mpek Palembang:

Bahan-bahan:
- 500 gram ikan tenggiri
- 300 ml air
- 5 gram gula pasir
- 25 gram garam
- 5 gram penyedap rasa
- 350 gram tepung sagu

Cara membuat:
1. Campur rata ikan tenggiri halus dan air menggunakan tangan.
2. Masukkan gula pasir, garam, dan penyedap rasa. Campur rata sampai adonan agak mengental.
3. Masukkan tepung sagu ke dalam adonan. Campur perlahan menggunakan tangan, jangan diaduk terlalu keras.
4. Bagi adonan menjadi masing-masing 150 gram untuk lenjer besar atau 25 gram untuk lenjer kecil. Bentuk seperti silinder.
5. Rebus pempek dengan api sedang sampai mengapung dan permukaannya licin. Angkat dan tiriskan.
6. Sajikan pempek dengan cuko.

Semoga resep ini dapat membantu kamu dalam membuat mpek-mpek Palembang.

Cara membuat Kuah Mpek Mpek
Kuah cuka adalah saus yang biasanya disajikan bersama dengan mpek-mpek. Berikut adalah resep untuk membuat kuah cuka:

Bahan-bahan:
- 500 ml cuka masak
- 500 ml air
- 200 gram gula merah
- 1 siung bawang putih, geprek
- 1 buah cabai merah, iris tipis
- 1/2 sendok teh garam

Cara membuat:
1. Campurkan cuka masak, air, dan gula merah dalam panci. Masak dengan api sedang hingga gula merah larut.
2. Tambahkan bawang putih, cabai merah, dan garam. Aduk rata.
3. Masak kembali dengan api kecil hingga kuah cuka mengental dan bumbu meresap.
4. Angkat dan dinginkan.

Kuah cuka siap disajikan bersama dengan mpek-mpek. Selamat mencoba! 😊

 


Rekomendasi Mpek Mpek di Palembang

Mpek-mpek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan giling, tepung sagu, dan bahan-bahan lain seperti bawang putih, garam, dan merica. Jika kamu berencana untuk pergi ke Palembang, ada banyak kedai pempek terkenal yang menyediakan pempek dengan kualitas terbaik. Berikut adalah beberapa rekomendasi kedai pempek terkenal di Palembang:

1. Pempek Nony 168: Kedai pempek ini telah berdiri sejak 1993 dan sudah dikenal sebagai kedai pempek yang menyuguhkan rasa pempek Palembang asli. Ada ragam jenis pempek di kedai Pempek Nony 168. Mulai dari pempek telor, pempek lenjer, pempek adaan, pempek kulit, pempek keriting, pempek pistel dan pempek kapal selam. Satu buah pempek eceran di Pempek Nony 168 dihargai mulai dari Rp4.000 hingga Rp40.000. Kedai Pempek Nony 168 juga menyediakan paket pempek isi 30 hingga 100 buah dengan harga mulai dari Rp120.000 - Rp400.000. Di Palembang, kedai Pempek Nony 168 berada di sembilan titik, salah satu kedainya berada di Jalan Jenderal Sudirman 952 20 Ilir III, Ilir Timur I, Palembang. Kedai Pempek Nony 168 buka setiap hari mulai pukul 07.00–18.00 WIB.

2. Pempek Lala: Kedai pempek ini berlokasi di Jalan Mujahidin No.23 26 Ilir, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pempek Lala menyajikan pempek dengan rasa yang autentik dan harga yang terjangkau. Satu buah pempek eceran di Pempek Lala dihargai mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000. Kedai Pempek Lala buka setiap hari mulai pukul 08.00–21.00 WIB.

3. Pempek Beringin: Kedai pempek ini berlokasi di Jalan Kapten A. Rivai No. 17, 18 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pempek Beringin menyajikan pempek dengan rasa yang lezat dan harga yang terjangkau. Satu buah pempek eceran di Pempek Beringin dihargai mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000. Kedai Pempek Beringin buka setiap hari mulai pukul 08.00–21.00 WIB.

4. Pempek Candy: Kedai pempek ini berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No. 102, 20 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pempek Candy menyajikan pempek dengan rasa yang lezat dan harga yang terjangkau. Satu buah pempek eceran di Pempek Candy dihargai mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000. Kedai Pempek Candy buka setiap hari mulai pukul 08.00–21.00 WIB.

5. Pempek Vico: Kedai pempek ini berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No. 102, 20 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pempek Vico menyajikan pempek dengan rasa yang lezat dan harga yang terjangkau. Satu buah pempek eceran di Pempek Vico dihargai mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000. Kedai Pempek Vico buka setiap hari mulai pukul 08.00–21.00 WIB.

6. Pempek 123: Kedai pempek ini berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No. 102, 20 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Satu buah pempek eceran di Pempek 123 dihargai mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000. Kedai Pempek 123 buka setiap hari mulai pukul 08.00–21.00 WIB.

 Update Artikel Pilihan Lainnya Dari Blog Kami di Google News Henri Sinurat

Comments

Popular posts from this blog

El Comandante Coffee

Pria berambut pendek dan rapih menyambut kedatangan sore kala itu. Terlihat bordir halus di bagian belakang kemeja coklat muda nama kedai kopi. Seperti mengulang, meja kembali di bersihkan meski terlihat tak ada kotoran sedikit pun. Belum lagi senyum simpul saya berakhir, pemuda tersebut langsung menghilang ke dalam bangunan ruko tiga pintu tersebut. Elcomandante Coffee beberapa tahun terakhir ini menjadi tempat melepas penat atau bertemu banyak sahabat.

Naik Kereta Api Second Class Semalaman Dari Hatyai ke Bangkok (Thailand Part 3)

Setelah Menyambangi Wat Hat Yai Nai di Hatyai   seharian tadi. Sebenarnya tidak seharian juga, karena hanya beberapa saat saja. Saya kembali ke Stasiun Kereta Api Hatyai. Ternyata ibu penjual kopi tadi pagi masih setia menunggu. Tidak ada salahnya memesan Thai Tea langsung di Thailand. Beliau tersenyum ketika saya sebut Thai Tea, "this name Tea, only Tea" ujarnya lagi. Seperti di Aceh, mana ada Kopi Aceh. Cuaca siang itu sangat terik, sementara jadwal kereta api masih lama. Sehingga 4 jam lamanya saya berputar putar di dalam stasiun kereta api. Menikmati makan siang di kantin stasiun. Menumpang isi baterai telepon seluler, bolak balik kamar mandi dan melihat lalu lalang pengunjung stasiun. Sayang sekali tidak banyak kursi tunggu yang disediakan. Jadilah hanya bisa duduk duduk saja. Kurang dari 1 jam menjelang keberangkatan, saya kembali mandi di toilet stasiun. Tenang saja, ada bilik khusus untuk kamar mandi. Hatyai itu panasnya luar biasa, jadi sebelum berangkat lebih baik m

Naik Bus dari TBS Malaysia ke Hat Yai Thailand

1 Juni 2019. Air Asia terakhir mengantarkan siang itu ke petang Sepang. Setelah 1 jam tanpa sinyal telepon seluler. Sebelumnya aku menikmati internet gratis dari wifi yang ditebar di Bandara Iskandar Muda, Aceh Besar. Internet dapat ditemukan dan diakses dengan mudah. Demikian juga ketika mendarat di Kuala Lumpur International Airport 2. Dinginnya selasar kedatangan membuat jantung berpacu. Berdegup keras seperti kecepatan telepon seluler menjelajah internet gratis disana. Sengaja bergegas, mengabaikan toilet dan berharap antrian imigrasi tidak ramai.  Ini kali kedua mengalami tak ada antrian yang berarti di imigrasi. Petugas hanya memastikan sembari tersenyum “Dari Aceh? Mau lanjut ke Jakarta?” Mereka seakan terbiasa menghadapi masyarakat Aceh yang singgah sejenak di Negeri Jiran hanya untuk kembali menyeberang ke kota-kota lain di Indonesia. “Tak Cik, saya nak pi Thailand kejap ini malam dari TBS”. Cop cop, sidik jari, dan imigrasi berlalu begitu saja. Sudah 3 tempat pen