Skip to main content

Mengintip Krui Pro 2023 QS 5000: Menaklukkan Ombak Tertinggi di Pantai Tanjung Setia, Lampung

 

Lampung, sebuah provinsi di ujung selatan Sumatra, memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Selain perbukitan hijau, kawasan ini juga memiliki pantai yang menakjubkan. Di antara pantai-pantai yang ada, Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung adalah salah satu pantai yang terkenal dengan ombak dahsyatnya yang dapat mencapai ketinggian 6-7 meter dan panjang mencapai 200 meter.

Pada tahun 2023, Pantai Tanjung Setia akan kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Liga Selancar Internasional (WSL) Krui Pro 2023 QS 5000 yang akan berlangsung dari 12 hingga 18 Juni 2023. Pada tahun 2022 acara ini menampilkan sekitar 250 peselancar dari 16 negara yang bersaing untuk menjadi juara. Setelah pandemi sudah surut, tampaknya peminat acara ini akan meningkat.

Selain sebagai ajang untuk para peselancar dunia, Kejuaraan Liga Selancar Internasional ini juga merupakan upaya untuk membangkitkan ekonomi dan peluang kerja bagi masyarakat Pesisir Barat dan sekitarnya. Dengan adanya acara ini, diharapkan akan menarik banyak wisatawan yang tertarik untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Setia dan wilayah Pesisir Barat secara lebih luas.

Pantai Tanjung Setia sendiri memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pasir putih lembut dan ombak yang besar cocok untuk para penggemar surfing. Kondisi alam yang masih alami dan belum terlalu ramai dikunjungi, membuat pengalaman berwisata di Pantai Tanjung Setia menjadi sangat menyenangkan dan berbeda dari tempat lainnya.

Baca Juga: Tugu Sekura: Destinasi Wisata Sejarah di Kota Liwa yang Tidak Boleh Dilewatkan

Untuk menuju ke Pantai Tanjung Setia, dapat ditempuh selama 6-8 jam menggunakan kendaraan roda empat dari Kota Bandar Lampung. Namun, perjalanan ini akan sepadan dengan pemandangan yang akan dilihat di sana.

Dengan diselenggarakannya kejuaraan selancar dunia menjadi alasan yang tepat untuk mengunjungi tempat Pantai Tanjung Setia. Pengunjung juga dapat sekaligus menikmati pesona alamnya yang memukau. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengalami kesenangan berselancar sambil menikmati keindahan alam Indonesia yang luar biasa.

Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah perjalanan dari Bandar Lampung menuju Krui adalah perjalanan melewati Pringsewu Kota Agung atau melalui Liwa. Selama perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dari Pegunungan Bukit Barisan hingga keindahan pantai Sumatera.

Terdapat dua rute yang dapat ditempuh dari Bandar Lampung menuju Pesisir Barat. Rute pertama adalah melalui Pringsewu, Kota Agung dan rute kedua adalah melewati Lintas Tengah Sumatera dan dilanjutkan ke arah Liwa, Lampung Barat. 

Saat melewati Pringsewu dan Kota Agung, kita akan merasakan pengalaman yang mengagumkan ketika melihat keindahan Pegunungan Bukit Barisan yang begitu megah. Selain itu, kita juga akan disuguhi panorama pantai Sumatera yang memukau. Perpaduan antara laut dan pegunungan yang indah akan membuat perjalanan kita semakin berkesan.

Jika kendaraan melalui Lintas Tengah Sumatera, kita akan melintasi tol trans Sumatera yang memiliki keindahan yang luar biasa. Selanjutnya kita juga akan melewati jalur pendakian menuju Lampung Barat yang dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Dalam perjalanan ini, kita akan disajikan pemandangan perkebunan kopi dan dataran tinggi yang sangat dingin. Udara segar dan sejuk akan menghiasi perjalanan kita.

Perjalanan dari Bandar Lampung menuju Lampung Barat melalui Pringsewu Kota Agung dan Liwa adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Selain menikmati keindahan alam yang luar biasa, kita juga dapat menemukan berbagai macam kuliner khas Lampung yang menggugah selera di sepanjang jalan. Jangan lupa untuk bersiap-siap membawa kamera dan dokumentasikan momen yang indah dalam perjalanan ini.

Bagi para pecinta petualangan dan keindahan alam, perjalanan ini adalah pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan. Mari kita nikmati keindahan alam Lampung yang memukau dan menjadikan perjalanan kita tak terlupakan.

Hal Yang Dapat Dilakukan Selama di Krui, Pesisir Barat

Menikmati Ikan Bakar

Ikan bakar Krui merupakan hidangan yang terkenal dengan kelezatannya. Ikan yang digunakan adalah hasil tangkapan nelayan lokal sehingga masih segar saat diolah. Proses pembakaran menggunakan arang yang membuat aroma ikan semakin harum dan nikmat. Ikan bakar Krui biasanya disajikan dengan sambal khas Krui yang pedas dan segar. Selain itu, hidangan ini juga disajikan dengan nasi putih dan sayuran segar sebagai pelengkap. Bagi para pecinta kuliner, mencicipi ikan bakar Krui menjadi pengalaman yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Pesisir Barat.

Menikmati Kopi Krui

Krui merupakan salah satu daerah penghasil kopi di Provinsi Lampung. Kopi Krui ini terkenal dengan rasa nikmat dan harum yang khas. Mayoritas petani kopi di Lampung menghasilkan kopi jenis Robusta, termasuk kopi Krui. Proses budidaya kopi di daerah Krui dilakukan dengan metode tradisional, mulai dari penanaman, panen, hingga pengolahan biji kopi. Selain memiliki rasa yang istimewa, kopi Lampung Krui juga dianggap memiliki khasiat kesehatan yang baik. Bagi para pecinta kopi, mencicipi kopi Lampung Krui bisa menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan dan menjadi ciri khas daerah Pesisir Barat Lampung.

Baca Juga: Percayalah, Anda Harus Membeli Oleh-Oleh Khas Lampung yang Satu Ini!

Menikmati Panorama Alam 

Pantai Tanjung Setia memiliki pemandangan yang indah, dengan pantai yang bersih dan air laut yang jernih. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam pantai yang memukau sambil menikmati ombak yang besar. Bagi wisatawan yang mencari liburan santai dengan pemandangan alam yang indah, Pantai Tanjung Setia adalah pilihan yang tepat.

Bermain Pasir


Pantai Tanjung Setia di Lampung Barat adalah destinasi liburan pantai yang ideal untuk dikunjungi dengan keluarga atau teman. Pasir di Pantai Tanjung Setia sangat halus dan putih, membuatnya sangat cocok untuk bermain dengan anak-anak atau bersantai dengan teman. Wisatawan dapat bermain voli pantai, membangun istana pasir, atau sekedar berjemur di atas pasir yang lembut. Panorama pantai yang indah dan pemandangan ombak yang besar juga dapat dinikmati saat bermain di pantai. Pantai Tanjung Setia adalah tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih dan menikmati liburan yang menyenangkan.

Menikmati Matahari Terbenam

Menyaksikan matahari terbenam di Pantai Tanjung Setia, Lampung Barat adalah pengalaman yang indah dan romantis. Saat matahari mulai tenggelam ke laut, langit perlahan berubah warna menjadi oranye keemasan yang indah. Pantai yang tenang dan ombak yang lembut menambah suasana romantis saat menikmati keindahan alam ini bersama pasangan atau teman-teman terdekat. Menikmati keindahan alam saat matahari terbenam di Pantai Tanjung Setia dapat membuat liburan semakin berkesan dan membawa kenangan indah yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk menangkap momen indah ini saat berada di Pantai Tanjung Setia.

Comments

Popular posts from this blog

El Comandante Coffee

Pria berambut pendek dan rapih menyambut kedatangan sore kala itu. Terlihat bordir halus di bagian belakang kemeja coklat muda nama kedai kopi. Seperti mengulang, meja kembali di bersihkan meski terlihat tak ada kotoran sedikit pun. Belum lagi senyum simpul saya berakhir, pemuda tersebut langsung menghilang ke dalam bangunan ruko tiga pintu tersebut. Elcomandante Coffee beberapa tahun terakhir ini menjadi tempat melepas penat atau bertemu banyak sahabat.

Naik Kereta Api Second Class Semalaman Dari Hatyai ke Bangkok (Thailand Part 3)

Setelah Menyambangi Wat Hat Yai Nai di Hatyai   seharian tadi. Sebenarnya tidak seharian juga, karena hanya beberapa saat saja. Saya kembali ke Stasiun Kereta Api Hatyai. Ternyata ibu penjual kopi tadi pagi masih setia menunggu. Tidak ada salahnya memesan Thai Tea langsung di Thailand. Beliau tersenyum ketika saya sebut Thai Tea, "this name Tea, only Tea" ujarnya lagi. Seperti di Aceh, mana ada Kopi Aceh. Cuaca siang itu sangat terik, sementara jadwal kereta api masih lama. Sehingga 4 jam lamanya saya berputar putar di dalam stasiun kereta api. Menikmati makan siang di kantin stasiun. Menumpang isi baterai telepon seluler, bolak balik kamar mandi dan melihat lalu lalang pengunjung stasiun. Sayang sekali tidak banyak kursi tunggu yang disediakan. Jadilah hanya bisa duduk duduk saja. Kurang dari 1 jam menjelang keberangkatan, saya kembali mandi di toilet stasiun. Tenang saja, ada bilik khusus untuk kamar mandi. Hatyai itu panasnya luar biasa, jadi sebelum berangkat lebih baik m

Naik Bus dari TBS Malaysia ke Hat Yai Thailand

1 Juni 2019. Air Asia terakhir mengantarkan siang itu ke petang Sepang. Setelah 1 jam tanpa sinyal telepon seluler. Sebelumnya aku menikmati internet gratis dari wifi yang ditebar di Bandara Iskandar Muda, Aceh Besar. Internet dapat ditemukan dan diakses dengan mudah. Demikian juga ketika mendarat di Kuala Lumpur International Airport 2. Dinginnya selasar kedatangan membuat jantung berpacu. Berdegup keras seperti kecepatan telepon seluler menjelajah internet gratis disana. Sengaja bergegas, mengabaikan toilet dan berharap antrian imigrasi tidak ramai.  Ini kali kedua mengalami tak ada antrian yang berarti di imigrasi. Petugas hanya memastikan sembari tersenyum “Dari Aceh? Mau lanjut ke Jakarta?” Mereka seakan terbiasa menghadapi masyarakat Aceh yang singgah sejenak di Negeri Jiran hanya untuk kembali menyeberang ke kota-kota lain di Indonesia. “Tak Cik, saya nak pi Thailand kejap ini malam dari TBS”. Cop cop, sidik jari, dan imigrasi berlalu begitu saja. Sudah 3 tempat pen