Skip to main content

Video Raya dan Pantun Raya Tradisi Menyambut Idul Fitri di Malaysia

Idul Fitri, juga dikenal sebagai Hari Raya Aidilfitri, adalah salah satu perayaan yang paling penting bagi umat Islam di Malaysia. Perayaan ini dirayakan selama tiga hari berturut-turut pada bulan Syawal, yang merupakan bulan kesepuluh dalam kalender Islam. Dalam menyambut Idul Fitri masyarakat di Malaysia sering melakukan tradisi:

Bermaaf-maafan.

Sebelum dan selama Idul Fitri, orang-orang di Malaysia biasanya saling memaafkan satu sama lain. Ini biasanya dilakukan dengan mengucapkan kata-kata "Maaf zahir dan batin" yang berarti "Maaf lahir dan batin" dalam bahasa Melayu.

Menyantuni fakir miskin

Pada hari pertama Idul Fitri, orang-orang biasanya memberikan sumbangan kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan. Ini adalah salah satu tradisi yang sangat penting dalam perayaan ini.

Shalat Idul Fitri

Shalat Idul Fitri biasanya dilakukan di pagi hari pada hari pertama Idul Fitri. Orang-orang memadati masjid dan surau untuk beribadah bersama-sama dan memohon ampun atas dosa-dosa mereka.

Baca Juga: Negara Yang Punya Tradisi Mudik Selain Indonesia

Memakai baju baru

Orang-orang di Malaysia biasanya memakai baju baru pada hari pertama Idul Fitri. Hal ini dilakukan sebagai tanda kesucian dan permulaan yang baru setelah berpuasa selama sebulan penuh. Akan tetapi tradisi ini menjadi bahan diskusi yang panjang. Karena tidak ada dalilnya jika berlebaran menggunakan pakaian baru. Beberapa masyarakat Malaysia menyarankan tidak harus berpakaian baru tetapi bersih.

Berziarah ke kuburan

Pada hari kedua Idul Fitri, orang-orang di Malaysia biasanya mengunjungi kuburan keluarga mereka untuk memberi penghormatan kepada nenek moyang mereka yang telah meninggal.

Menghidangkan hidangan khas

Pada hari-hari Idul Fitri, orang-orang di Malaysia biasanya menghidangkan hidangan khas seperti lemang (nasi ketan yang dimasak dalam bambu), rendang (daging yang dimasak dengan rempah-rempah), dan ketupat (nasi yang dimasak dalam anyaman daun kelapa).

Mengunjungi kerabat dan teman

Selama tiga hari Idul Fitri, orang-orang di Malaysia biasanya mengunjungi kerabat dan teman-teman mereka untuk saling bermaaf-maafan dan bertukar hadiah. Ini juga menjadi kesempatan bagi mereka untuk berkumpul dan menikmati hidangan khas Idul Fitri bersama-sama.

Di suasana Idul Fitri ada 2 hal lainnya yang selalu hadir di Malaysia. Video Idul Fitri dan Pantun Idul Fitri. Video bernuansa Idul Fitri diputar di media sosial dan layar kaca. Tradisi Pantun Idul Fitri kerap disampaikan kepada sanak saudara. Saat ini juga disampaikan melalui media sosial.

Video Raya

Video Raya merupakan video khas Idul Fitri yang menyampaikan pesan pesan dengan suasana yang meriah dan penuh kegembiraan, di mana umat Muslim berkumpul bersama keluarga dan sahabat untuk merayakan Idul Fitri setelah sebulan penuh berpuasa selama Ramadan.

Video khas Idul Fitri juga berisi pesan tersirat yang membawa doa-doa dan ucapan selamat Idul Fitri. Tidak jarang video raya ini membuat mata berlinang. Mengingatkan penonton akan tanah kelahirannya. Mengenang kembali tradisi-tradisi yang dilakukan pada hari raya, seperti sholat Id, saling mengunjungi antara keluarga dan teman, memberikan uang atau hadiah kepada anak-anak, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Balik Kampong Malaysia

Video Raya seolah mengingatkan kita untuk mau memaafkan kesalahan orang orang kepada kita. Secara tidak langsung video ini mendorong kita untuk melakukan hal hal baik di masa Idul Fitri. Biasanya perusahan besar dan lembaga berlomba lomba untuk memproduksi video raya. 

Pantun Raya

Pantun adalah sebuah jenis puisi tradisional yang berasal dari masyarakat Melayu dan banyak digunakan dalam budaya Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, dan sekitarnya. Pantun biasanya terdiri dari empat baris dalam satu bait, di mana baris pertama dan kedua disebut sebagai sampiran dan baris ketiga dan keempat disebut sebagai isi.

Ciri khas dari pantun adalah adanya rima pada setiap baris, dan setiap bait biasanya berisi maksud atau pesan tertentu yang ingin disampaikan. Pantun juga sering digunakan dalam kegiatan seperti perkenalan, salam, hiburan, dan bahkan sebagai ungkapan cinta.

Pantun Raya merupakan pantun yang dibuat dalam menyambut Idul Fitri. Biasanya pantun disiapkan untuk disampaikan kepada sanak saudara. Belakangan ini, Pantun Raya dipublikasikan di media sosial. Isi pantunnya unik dan bermakna. 

Burung Merpati meniti batang.

Burung tekukur terbang ke paya.

Sucikan hati berkasih sayang.

Ucapkan syukur di Hari Raya.

Ini merupakan salah satu pantun dari instagram Selangor Library.


Baju raya bermacam gaya, berbaju Melayu beserta Sampin.

Kepada semua saya ucapkan selamat hari raya, maaf zahir batin.

Ini merupakan salah satu pantub dari instagram abdurrhmnz

Kalian sudah siapkan pantun raya kah?



Comments

Popular posts from this blog

El Comandante Coffee

Pria berambut pendek dan rapih menyambut kedatangan sore kala itu. Terlihat bordir halus di bagian belakang kemeja coklat muda nama kedai kopi. Seperti mengulang, meja kembali di bersihkan meski terlihat tak ada kotoran sedikit pun. Belum lagi senyum simpul saya berakhir, pemuda tersebut langsung menghilang ke dalam bangunan ruko tiga pintu tersebut. Elcomandante Coffee beberapa tahun terakhir ini menjadi tempat melepas penat atau bertemu banyak sahabat.

Naik Kereta Api Second Class Semalaman Dari Hatyai ke Bangkok (Thailand Part 3)

Setelah Menyambangi Wat Hat Yai Nai di Hatyai   seharian tadi. Sebenarnya tidak seharian juga, karena hanya beberapa saat saja. Saya kembali ke Stasiun Kereta Api Hatyai. Ternyata ibu penjual kopi tadi pagi masih setia menunggu. Tidak ada salahnya memesan Thai Tea langsung di Thailand. Beliau tersenyum ketika saya sebut Thai Tea, "this name Tea, only Tea" ujarnya lagi. Seperti di Aceh, mana ada Kopi Aceh. Cuaca siang itu sangat terik, sementara jadwal kereta api masih lama. Sehingga 4 jam lamanya saya berputar putar di dalam stasiun kereta api. Menikmati makan siang di kantin stasiun. Menumpang isi baterai telepon seluler, bolak balik kamar mandi dan melihat lalu lalang pengunjung stasiun. Sayang sekali tidak banyak kursi tunggu yang disediakan. Jadilah hanya bisa duduk duduk saja. Kurang dari 1 jam menjelang keberangkatan, saya kembali mandi di toilet stasiun. Tenang saja, ada bilik khusus untuk kamar mandi. Hatyai itu panasnya luar biasa, jadi sebelum berangkat lebih baik m

Naik Bus dari TBS Malaysia ke Hat Yai Thailand

1 Juni 2019. Air Asia terakhir mengantarkan siang itu ke petang Sepang. Setelah 1 jam tanpa sinyal telepon seluler. Sebelumnya aku menikmati internet gratis dari wifi yang ditebar di Bandara Iskandar Muda, Aceh Besar. Internet dapat ditemukan dan diakses dengan mudah. Demikian juga ketika mendarat di Kuala Lumpur International Airport 2. Dinginnya selasar kedatangan membuat jantung berpacu. Berdegup keras seperti kecepatan telepon seluler menjelajah internet gratis disana. Sengaja bergegas, mengabaikan toilet dan berharap antrian imigrasi tidak ramai.  Ini kali kedua mengalami tak ada antrian yang berarti di imigrasi. Petugas hanya memastikan sembari tersenyum “Dari Aceh? Mau lanjut ke Jakarta?” Mereka seakan terbiasa menghadapi masyarakat Aceh yang singgah sejenak di Negeri Jiran hanya untuk kembali menyeberang ke kota-kota lain di Indonesia. “Tak Cik, saya nak pi Thailand kejap ini malam dari TBS”. Cop cop, sidik jari, dan imigrasi berlalu begitu saja. Sudah 3 tempat pen